Monday 15 November 2010

Meaningfull Day

Hari ini aku bangun seperti biasanya , lihat jam , dan seperti biasanya juga , terburu-buru dan nggak sempat sarapan . Berangkat ke kampus , dan ternyata kuliah pagi jam 7 dosen nggak hadir . Aku , gita , vida , mayang , tria , delin ke Tata Usaha buat absen . Kita duduk dan cerita banyak hal , cerita tentang kejadian di Tp , tentang sahabat saya dan sahabat saya yang lain , yaaah , pembicaraan yang biasa biasa saja .
Tapi ada yang nggak biasa sama Vida , tantenya barusan meninggal kemarin , dan itu yang aku tanyakan ke dia , aku memulai dengan tanya ,
" Vida , gimana ceritanya tantemu ? Kemarin gimana ?"
Vida cerita . Aku sama anak-anak dengerin .
Vida cerita gimana kebiasaan tantenya , gimana awal mulanya beliau sakit , gimana sakit tantenya sampai gimana cara tantenya berkomunikasi sama anak-anaknya , yang mengharuskan dia nulis di kertas karena nggak bisa ngomong , terhalang sama sakitnya . Ada bagian dimana Vida cerita , dia cerita dengan detail , gimana tantenya menasehati anak-anaknya , dan nulis di kertas rumah sakit , isinya kurang lebih  begini :

Diga , belajar yang pinter ya , nanti kalau mama sudah sembuh , Diga bisa ngasih hadiah mama nilai yang bagus..

Oh iya , Diga itu anak pertama tantenya Vida kelas 4 SD , dan Meme anak keduanya perempuan kelas 1 SD
Vida juga cerita gimana tantenya suka gambar icon nya Surfer Girl yang rambutnya ikat dua itu , dan bilang gini :


Eh Vida , ini gambar yang besar itu Vida , yang kecil itu Meme ..Tante sayang sama Vida ..

Vida bilang dia nangis pas baca kertas-kertas itu lagi . Dan responku waktu Vida cerita ini adalah nangis .

Mungkin memang aku nggak kenal sama tantenya Vida , tapi yang buat aku sedih adalah , tiba-tiba aku ingat mama sama papa . Nggak pernah ada yang tahu kan umur orang sampai kapan , aku mikir , seandainya aku di posisi Diga atau Meme yang sudah kehilangan mamanya di umur sekecil itu , mungkin aku nggak bisa ngerasakan apa yang sudah aku rasain selama ini . Dimarahin mama , diperhatikan mama , papa yang selalu nunggu di rumah sampe ngantuk kalo aku pulang malam , gimana marahnya mereka waktu aku selalu ngeluh tentang kuliahku , gimana aku selalu minta ini itu ke mereka , dan mereka kerja keras selalu usaha menuhin kebutuhanku dan Mas Dika .
Akhir-akhir ini aku sering merhatikan orang tuaku secara fisik , aku lihat , makin lama mereka makin tua , capek , pasti banyaaaaaak yang mereka pikirkan , nggak terkira berapa pengorbanan mereka buat aku dan Mas Dika .
Mama selalu bangun pagi sekali , mikir aku sm mas dika sarapan apa tiap pagi .
Dan aku ? selau bangun telat dan akhirnya nggak sarapan , minta uang buat jajan di luar , padahal mama sudah bangun pagi sekali buat nyiapin sarapan .
Mama seringkali berangkat sidang pagi-pagi , padahal mama pasti capek , kurang istirahat , kurang tidur .
Sementara aku ? Aku bangun siang waktu kuliahku senggang , dan jarang banget turun buat sekedar nengok ke bawah dan salim waktu mama mau berangkat kerja .
Mama selalu usaha buat ngeluangin waktunya kalo aku minta jalan-jalan .
Sedangkan aku ? Selalu sibuk dgn kegiatanku sendiri dan sering nggak ada waktu buat mama atau papa .
aku sering pulang malem , dan waktu aku pulang , mama sudah tidur , kecapean seharian kerja .
Sementara papa masih nunggu di ruang Tv gara-gara aku belum pulang .
Papa selau ngasih aku uang jajan tiap aku minta , dan seringkali papa ngerelain uang terakhirnya di dompet buat aku .
Papa selau ngingetin aku buat minum vitamin dan madu biar aku nggak gampang sakit .
Aku ?sesekali waktu papa minta tolong buat mijetin , aku bilang aku capek lah , banyak tugas , dan macam-macam alasan lainnya .
Aku seringkali bicara sama papa dengan nada kurang sopan , karena aku tahu papa nggak bisa marah ke aku . Papa selalu sabar ke aku , pertama kalinya papa marah besar dan teriak ke aku sampe mukul aku adalah waktu aku emosi dan bentak mamaku .

Ya Allaaaah :'(
aku belum bisa ngasih apa-apa ke orang tuaku..
aku belum bisa buat mereka seneng ..
aku banyak dosa sama mereka ..
aku harus bersyukur , aku nggak harus kehilangan mama waktu aku masih sekecil Diga sama Meme .
aku harus berusaha sebaik mungkin buat orangtuaku
aku nggak mau nyesel di akhir
aku  nangis
aku harus berfikir jauh jauh jauh ke depan , bersyukur dan berusaha , berdoa , semoga aku bisa ngasih yang terbaik buat mereka ..

Aku bakal selalu inget waktu mama bilang ke aku sambil nangis

Mama nggak minta apa-apa dari kalian berdua , mama cuma minta , nanti kalau mama sama papa sudah meninggal , jangan pernah lupa buat selalu mendoakan mama sama papa di tiap sholat kalian , mama sama papa bukan orang yang sempurna , jadi cuma doa kalian yang bisa bantu mama sama papa di akhirat nanti..

Pasti ma , pasti aku inget terus dan aku bakal lakuin buat kalian nanti , tapi nanti , setelah mama sama papa bisa lihat kalau aku bisa jadi orang yang sukses , yang bisa bahagiain kalian berdua ..

Makasih Ya Allah sudah membuat hari biasa biasa ini jadi hari yang sangat berarti buat aku :')
Makasih Vida , pengalamanmu berarti banget buat aku .
Makasih mama sama papa , buat semua , semuanya yang sudah kalian kasih ke aku , yang nggak mungkin bisa dihitung harganya , nggak bisa dijumlah berapa banyak materi , tenaga , waktu , fikiran , air mata , doa , semua , sangat amat berarti ..


Semoga post ini bermanfaat buat kalian yang baca , buat kalian yang masih punya orang tua yang lengkap , bahagiakan mereka , buat kalian yang mungkin sudah kehilangan orang tua kalian , doakan mereka di setiap waktu kalian :)



Regards , 


Nunna

No comments:

Post a Comment